in

Memanfaatkan Lahan Kosong dengan Hidroponik di rumah

hidroponik dinding
Tanaman adalah salah satu bagian terpenting dari kehidupan manusia. Tanpa tanaman bumi menjadi panas atau bahkan yang lebih parah banyaknya bencana yang diakibatkan dari hutan yang gundul atau kurangnya kesadaran manusia untuk menanam tanaman
Spread the love

Tanaman adalah salah satu bagian terpenting dari kehidupan manusia. Tanpa tanaman bumi menjadi panas atau bahkan yang lebih parah banyaknya bencana yang diakibatkan dari hutan yang gundul atau kurangnya kesadaran manusia untuk menanam tanaman. Tentu masing-masing dari kita sekarang ini sudah merasakan bagaimana dampak dari perubahan iklim yang terjadi. Perubahan iklim ini diakibatkan dari kegiatan manusia yang tidak mempedulikan keberlanjutan dari bumi yang mereka tinggali. Sudah seharusnya sebagai penghuni bumi kita juga harus mengetahui bagaimana cara untuk merawatnya. Masing-masing dari kita sebenarnya dapat melakukan usaha yang nyata, salah satunya dengan hidroponik di rumah. Dengan setiap diantara kita menanam tanaman maka dapat membantu bumi dalam memulihkan keadaannya kembali.

Jika anda khawatir tidak memiliki lahan cukup untuk menanam hidroponik, maka anda dapat melakukannya dengan hidroponik dinding. Karena kelebihan dari tanaman hidroponik sendiri adalah dapat ditanam dimana saja. Jumlah tanaman dapat disesuaikan dengan besar lahan yang tersedia. Berikut adalah cara untuk membuatnya :

  • Menyiapkan pipa PVC 3 inch sesuai dengan kebutuhan dan luas dari dinding yang anda miliki. Setelah itu membuat lubang dengan diameter scm dan jarak antar lubangnya sejauh 15 cm.
  • Memasang pipa dengan kemiringan tidak lebih dari 5%. Dan usahakan agar memasangnya dengan rapat di dinding anda. jarak antara pipa yang atas dengan yang bawah kurang lebih 40 cm. Menghubungkan pipa yang satu dengan yang lain menggunakan pipa L dan pipa yang berukuran kecil yaitu 1 inchi. Usahakan agar instalasi yang anda pasang cukup kuat sehingga dapat menampung tanaman yang nantinya bertumbuh besar.
  • Memasang saluran pembuangan pada pipa yang paling bawah, dan juga saluran masuk pada pipa yang bagian atas. Gunakan popa dengan daya 120 watt dan tangki dengan kapasitas menampung 100 liter. Cara yang mudah untuk menanam hidroponik dinding.
  • Mengisi kontainer dengan larutan nutrisi, dan kemudian menyalakan pompa air. Dengan begitu, air dapat mengalir ke atas dan juga mengalir mengukiti instalasi pipa yang ada. aliran nutrisi juga akan turun dengan bantuan gravitasi, oleh karenanya mengusahakan agar tingkat kemiringannya tidak lebih dari 5% agar airnya tidak mengalir terlalu cepat atau juga terlalu lambat.
Baca juga   Cara-cara Menanam Tomat Hidroponik di Rumah

Selain membuat rumah anda menjadi nampak sehat dengan adanya tanaman, anda juga dapat menambah estetika dari rumah anda. karena hidroponik dinding ini dapat disesuaikan dengan ukuran lahan yang tersedia. Anda menjadi tidak membiarkan dinding anda kosong begitu saja tanpa adanya hiasan atau apapun. Selain itu anda dapat memberikan kontribusi yang nyata sebagai upaya untuk menanggulangi perubahan iklim yang terjadi. Jika setiap rumah memiliki kesadaran untuk menanam tanaman, maka tentunya akan membuat bumi menjadi bersih kembali.

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

budidaya tomat hidroponik

Cara-cara Menanam Tomat Hidroponik di Rumah

Hidroponik kangkung

Cara Mendapatkan Hidroponik Kangkung Segar