in

Cara-cara Menanam Tomat Hidroponik di Rumah

budidaya tomat hidroponik
Siapa bilang tinggal di kawasan perkotaan dengan lahan terbatas berarti tidak bisa berkebun sayuran?
Spread the love

Siapa bilang tinggal di kawasan perkotaan dengan lahan terbatas berarti tidak bisa berkebun sayuran? Tentu saja keliru karena ada cara mudah bercocok tanam tanpa media tanah lho yakni dengan sistem tanam hidroponik. Jika berkebun sayuran biasanya membutuhkan media tanah, berbeda halnya dengan cara hidroponik yang hanya membutuhkan media air. Sebagai contoh, kali ini kita akan mengulas tips untuk menanam tomat hidroponik. Tidak hanya tomat, cara hidroponik ini juga bisa kok dilakukan dalam berbagai jenis sayuran lain, seperti selada, sawi, dan yang lainnya.

Nah kali ini kita akan mengupas tuntas tentang bagaimana sih cara budidaya tomat hidroponik sederhana tanpa media tanah. Tomat merupakan salah satu kebutuhan masak memasak yang sering dibutuhkan ibu untuk membuat masakan semakin lezat. Untuk menghemat budget, ibu bisa nih menanam sendiri tanaman tomat di rumah. Rumah anda punya lahan terbatas bahkan cenderung tidak ada halamannya? Tak perlu khawatir karena menanam secara hidroponik ini memang menjadi solusi tepat untuk bisa bercocok tanam di lahan terbatas. Dengan langkah hidroponik ini tentunya menjadikan bercocok tanam jadi lebih efisien dan efektif. Lantas bagaimana nih caranya memulai untuk menanam tomat dengan cara hidroponik ini?

Menanam tomat secara hidroponik harus melalui beberapa tahapan yakni tahapan pemilihan benih, penyemaian, pemindahan media tanam, dan perawatan tanaman tomat.

  • Pertama-tama kita bahas terlebih dahulu tentang bagaimana pemilihan benih tomat yang tepat. Memilih benih tomat yang unggul tentu akan sangat berpengaruh pada kualitas tomat ketika sudah berbuah nantinya. Untuk bisa mendapatkan bibit yang berkualitas, anda bisa membelinya secara online, atau bisa langsung datang ke toko pertanian yang menyediakan bibit sayuran.
  • Setelah bibit unggul terpilih, selanjutnya masuk ke proses penyemaian. Pada proses ini diperlukan media rockwool yang bisa dibeli di toko pertanian. Potong dadu rockwool lalu rendamkan dalam air yang sudah diberikan cairan nutrisi. Setelah itu, taruh satu biji benih tomat masing-masing pada rockwool. Selama proses ini, penting untuk merawat bibit agar bisa tumbuh baik. Simpan rockwool di tempat yang teduh yang tidak langsung terkena sinar matahari. Cek setiap hari dan tunggu hingga muncul kecambah.
  • Setelah tumbuh kecambah pada rockwool, selanjutnya pindahkan rockwool ke tempat yang terkena sinar matahari. Tunggu hingga tumbuh daun, lalu pindahkan ke media tanam yang lebih besar seperti pot atau botol plastik bekas. Jangan lupa untuk memberikan jarak antara akar dan air yang sudah diberikan nutrisi pada media tanam, dimana hal ini dilakukan agar akar mendapatkan kadar oksigen yang cukup.
Baca juga   Mengenal Apa Itu Hidroponik Dan Bagaimana Cara Menanam dengan Metode Ini

Nah itulah cara mudah menanam tomat dengan cara menanam tomat hidroponik sederhana. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam menanam tomat secara hidroponik adalah pentingnya memilih nutrisi yang tepat. Nutrisi ini sangat berpengaruh pada kualitas tomat yang tumbuh nantinya. Untuk mendapatkan nutrisi yang berkualitas ini bisa dengan bertanya terlebih dahulu di toko pertanian yang juga menjual benih tomat. Jika anda baru pertama kali mencoba menanam tanaman sayur secara hidroponik ini juga disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang yang lebih mengerti sistem hidroponik. Hal ini penting untuk dilakukan agar anda benar-benar paham cara menanam tanaman sayur secara hidroponik ini, melihat memang menanam sayur secara hidroponik cenderung memiliki metode yang lebih rumit dibandingkan dengan menanam secara langsung pada media tanah.

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hidroponik tanpa greenhouse

Mengenal Hidroponik Tanpa Greenhouse, Resiko dan Keunggulannya

hidroponik dinding

Memanfaatkan Lahan Kosong dengan Hidroponik di rumah