in

Cara Berkebun Hidroponik; Cara Bercocok Tanam yang Mudah

Cara bertanam hidroponik
Tanaman hidroponik merupakan jenis tanaman yang ditanam tanpa media tanah. Media yang digunakan dalam penanaman tanaman ini adalah media air
Spread the love

Tanaman hidroponik merupakan jenis tanaman yang ditanam tanpa media tanah. Media yang digunakan dalam penanaman tanaman ini adalah media air. Cara bertanam hidroponik merupakan cara bertanam yang cukup mudah, mengingat media yang digunakan adalah air, maka alat yang diperlukan adalah alat-alat yang bisa digunakan untuk menampung air, seperti bolot ataupun kaleng. Untuk itu, cara bertanam yang satu ini bisa berfungsi untuk membantu pengurangan sampah dengan cara penggunaan bahan-bahan bekas yang sudah tak dipakai. Cara bertanam yang satu ini memiliki beberapa manfaat dan kelebihan, yaitu bisa lebih memudahkan Anda untuk menanam tanaman-tanaman kecil seperti cabai dan lain sebagainya. Ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat cara bertanam yang satu ini dan juga cara penerapannya? Berikut ini informasinya untuk Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cara berkebun hidroponik bisa dilakukan sebagai media untuk menanam beberapa jenis tanaman. Contoh dari beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan cara hidroponik adalah tanaman cabe, kangkung, dan juga tomat. Anda pun bisa melakukan hidroponik dengan menanam tanaman jenis sayuran yang lainnya. Budidaya cara bertanam yang satu ini memang tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya, akan tetapi air dan beberapa cairan yang bernutrisi digunakan sebagai media selanjutnya untuk menanam tanaman tersebut. Media-media yang bisa digunakan sebagai campuran air adalah media sepert sabut kelapa, pasir, serat mineral, serbuk kayu, pecahan genteng, batu bata dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut digunakan sebagai media pembantu karena dianggap bisa melahirkan unsur hara yang bisa bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.

Kelebihan cara berkebun hidroponik yang bisa didapatkan dari penggunaannya adalah cara ini terbukti lebih hemat jika dibanding dengan cara yang lain. Dengan cara hidroponik ini, kita tidak perlu menyiram tanaman tersebut setiap harinya karena unsur air yang dibutuhkan oleh tanaman sudah ada di air yang berada di media tanaman tersebut. Selain itu, cara bertanam yang satu ini juga menjadi salah satu cara untuk menghemat lahan, karena dengan cara tanam yang satu ini kita bisa saja membuat media tanam bertingkat. Solusi ini tentunya bisa digunakan sebagai solusi penghematan penggunaan lahan.

Baca juga   Hidup Sehat dengan Hidroponik Organik

Ramah lingkungan menjadi salah satu manfaat dari cara bertanam hidroponik, mengingat tanaman hidroponik tidak menggunakan pestisida yang bisa merusak tanah. Selain itu, karena tanaman hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai medianya, maka tanaman hasil dari cara tanam hidroponik dijamin terbebas dari segala bakteri, cacing nematode, dan juga ulat yang biasanya ada di dalam tanah. Bukan hanya itu, selain mengurangi penggunaan lahan, dengan adanya cara tanam yang satu ini bisa membuat tanaman lebih fleksibel, bisa di tanam di dalam dan di luar rumah.

Cara bertanam hidroponik cukuplah mudah. Yang pertama perlu Anda lakukan adalah dengan cara menyiapkan tempat atau media tanamnya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan botol, kaleng, atau pun media lainnya. Setelahnya, masukan larutan nutrisi atau bahan-bahan pengganti lainnya yang bisa digunakan sebagai media tanam. Setelahnya, taburkan bibit atau tanaman yang akan Anda tanam di media tersebut. Anda hanya perlu menempatkan tanaman tersebut di tempat yang memiliki banyak sinar matahari. Dengan demikian, tanaman tersebut akan tetap tumbuh dan tetap tercukupi nutrisinya. Demikian itu tadi informasi yang bisa kami berikan untuk Anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba bercocok tanam dengan cara hidroponik.

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara menanam hidroponik cabe sederhana

Tips dan Cara Menanam Cabe Hidroponik dengan Panen Melimpah

cara menanam sayuran hidroponik

Cara Menanam Hidroponik dan Manfaatnya